Langsung ke konten utama

UTS oh UTS~ You are so something :)

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaikum :)


Yap readers, gue mau ngebahas tentang UTS.
Sebelumnya, gue mau cerita dulu. Saat ini, gue sudah melewati 4 UTS, yakni KPIP (kayak fisika gitu lah), Fisika Dasar, Kalkulus, dan Kimia Dasar. Gue akan mengulas sedikit tentang gimana gue melewati keempat UTS itu dengan abstraknya :D

UTS KPIP.
Gue maleeees banget baca bukunya, padahal gue punya, gara2 tu buku dalam bahasa Inggris dan bikin gue ngantuk :D
Gue juga nggak belajar dari soal2 (yang padahal juga gue punya). Gue merasa cukup belajar dari slide (yang juga berbahasa Inggris).
Walhasil, gue bengong, sama sekali, pas liat soal dan jawabannya (maksudnya, UTS KPIP ini bentuknya soal pilihan ganda gitu). Kenapa gue bengong? Karena materinya lebih banyak yang nggak gue pelajari, dan nyaris semua soalnya ada opsi semua benar atau tidak ada yang benar atau a dan d benar, dsb. Gimana gue nggak galau coba ngejawabnya? Heuh~

UTS Fisika Dasar.
Gue berusaha sih, meskipun gue tahu belum maksimal. Di hari2 terakhir sebelum UTS, gue udah mulai ngerti maksud si materi itu apa (Alhamdulillah). Nah, di situ gue udah mulai tenang tuh, karena pas gue ngerjain soal2 UTS tahun lalu juga udah lumayan ngerti dikit2 (fyi readers, gue itu tergolong orang yang cukup susah buat ngerti dan bisa ngerjain soal fisika).
Ternyata, pas itu soal udah di depan mata, gue bengong. Sejujurnya, soal ini lebih mudah menurut gue, kalo dibandingin sama UTS tahun lalu. Beneran deh. Tapi, kalau di UTS tahun lalu kita dituntut untuk bisa mengaplikasikan rumus2 yang kita hapal tahu meskipun soalnya mau diapain juga, tahun ini kita dituntut untuk bisa mengerti dan memahami konsepnya sedalam2nya, baru mengerjakan soal. Soalnya butuh pemahaman lebih, kita harus ngerti dulu nih soal maunya apa, baru dikerjain. Dan, karena gue kelamaan mikir, gue cuma bisa ngerjain 3 dari 5 soal T.T (dan ternyata, pas gue udah keluar ruangan, gue kepikiran gimana itu caranya ngerjain soal yang dua lagi. Oh my God ==')

UTS Kalkulus.
Ceritanya, mungkin disini letak kesalahan gue. Gue ngerasa agak bisa, sehingga gue nggak belajar sekeras gue belajar fisika.
Overall, soalnya itu menuntut kita untuk paham semua konsep dan teliti. Gitu aja kok. Cuma yaaa karena gue nggak paham keseluruhan konsep, gue nggak bisa ngerjain beberapa soal T.T dan begitu gue tahu itu gimana caranya, gue langsung bilang "ya ampun, cuma digituin doang? selesai? kok gue nggak tahu sih???? aargh !!!"

UTS Kimia Dasar.
Gue nggak belajar sekeras gue belajar fisika. Di situ letak kesalahan gue.
Karena ternyata soalnya sesuatu bangeeet! Gue merasa dodol saat ngerjain ni UTS. Soalnya menuntut kita untuk nggak panik dulu pas baca soal (anjrit, ni soal ngomongin apaan sih?!) tapi kita lihat dulu, sebenernya ni soal minta apa dari kita, dan sejujurnya itu nggak sesulit kelihatannya kok. Percaya deh. Tapi, kenapa gue bilang gue merasa dodol di sini? Karena, oh my God, tinta pulpen gue abis di tengah2 gue ngerjain soal. Please deh, itu nggak banget =='
Nggak tahu lah itu nilainya berapa, karena gue nggak nyoba semua soal. Oh iya, kita juga harus belajar bagi waktu, liat2 mana soal yang poinnya gede, gitu :D

Dari empat UTS itu, gue belajar beberapa hal.
1. Belajar dan siapkan diri. Jangan ditawar~ itu penting banget soalnya.
2. Jangan panik pas baca soal. Percayalah, panik cuma bikin lo lupa semua yang udah lo pelajari.
3. Periksa alat tulis lo. Jangan sampe lo ngalamin kejadian kayak gue. Beneran, itu nggak lucu dan nggak banget ++*
4. Jangan ngeremehin suatu mata pelajaran/kuliah.
5. Bawa jam tangan, atau pastikan ruang ujian lo punya jam dinding. Itu berguna banget buat lo ngebagi waktu pas ngerjain soal.
6. Jangan ngerasa pede kalo lo cuma belajar dari soal2 taun lalu. Dosen/guru kita cukup kreatif kok untuk bikin soal yang beda. Please, learn also from your heavy textbook :)
7. Jangan nyontek. Kapan Indonesia mau maju kalau bangsanya jadi plagiator mulu? Nggak guna deh nyontek. Ke laut aja lu sono, wahai penyontek.

Doain gue yaa buat menjalani seluruh UTS yang tersisa dengan sebaik mungkin :)

jangan abstrak lagi #lupakan #eh #abaikan

Komentar